SOSIOLOGI


NOFIA NATASARI
KPI 1 B
KONFLIK DAN PERSAINGAN
Indomaret dan Alfamart

PENDAHULUAN

Seraya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena penulis menyadari bahwa berkat rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan laporan, mengenai konflik dan persaingan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga laporan  ini dapat di selesaikan tepat pada waktunya. Laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat memberikan informasi dan manfaat untuk pengembangan wawasan dan meningkatan ilmu pengetahuan untuk para pembaca.

Penulis mengambil masalah mengenai indomaret dan alfamart, penulis mengambil pembahasan ini karena kedua hal ini sama – sama bergerak dalam bidang penyedia kebutuhan sehari – hari. Indomaret dan Alfamart cenderung berdekatan. pandangan masyarakat terhadap keduan seperti persaingan di sektor penyedia kebutuhan sehari – hari. Pembahasan mengenai ini bukan dalam lingkup yang luas, namun dalam lingkup yang sederhana.


Prespektif

Indomaret dan Alfamart bersaing untuk mengambil hati konsumen agar konsumen memandang salah satu  penyedia kebutuhan seperti Indomaret dan Alfamart ini sebagai suatu tempat atau wadah yang bisa mengerti konsumen. Indomaret dan Alfamart bersaing secara sehat karena persaingan itu tidak selamanya mengunakan kekerasan yang dapat melukai kedua belah pihak. Indomaret dan Alfamart bersaing dengan mengadakan promosi dan even – even yang sebenarnya dapat menguntungkan pihak konsumen. Indomaret dan Alfamart dapat di katagorikan kedalam konflik bukan kontestasi dikarenakan Indomaret dan Alfamart tidak merebutkan sesuatu yang bersifat memuaskan salah satu pihak, walaupun Indomaret dan Alfamart mendapatkan perhatian khusus dari pihak konsumen.


Metode

Penulis menggunakan cara observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait dengan Indomaret dan Alfamart seperti staff Indomaret dan Alfamart, konsumen. Observasi ini dilakukan dalam satu hari tepatnya pada Sabtu, 27 November 2011 pukul 14.30 – 18.00 WIB. Di daerah Bintaro Jaya 3A, Jalan Beruang Raya, Tangerang.
Penulis melakukan pengamatan yang dapat menyimpulkan mengenai Indomaret dan Alfamart. Setelah penulis bisa mengambil perbedaan mengenai Indomaret dan Alfamart , selanjutnya penulis mencari informasi kepada karyawan  di Indomaret dan Alfamart.

ANALISIS

Indomaret dan Alfamart adalah jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari, dalam lingkup yang tidak luas. keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Indomaret menggunakan selogan ”Mudah dan Hemat”, yang memiliki maskot ”Si Domar”  sedangkan Alfamart ”Belanja Puas, Harga Pas” dan Alfamart memiliki sebuah ciri yaitu si ”Albi” yaitu karakter yang menyenangkan dan siap membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan. kedua hal itu dapat memberikan pandangan tersendiri kapada pihak konsumen.

Hasil pengamatan penulis mengenai Indomaret dan Alfamart di daerah Bintaro Jaya 3A, Jalan Beruang Raya, Tangerang. Indomaret dan Alfamart  berdiri tak berjauhan, hanya berjarak ± 1 Meter. Indomaret berdiri lebih awal dibandingkan dengan Alfamart yang baru saja berdiri pada akhir 3 bulan lalu. Indomaret pada awalnya mengambil hati konsumen dengan mengadakan promosi terhadap kebutuhan yang lebih sering dibutuhkan oleh masyarakat, cara itu lah yang di gunakan indomaret untuk mencari pelanggan. Tak jauh berbeda dengan Indomaret, Alfamart juga menggunakan taktik yang sama dalam mengambil hati konsumen. Namun pada saat Alfamart pembukaan perdananya dan mengadakan promosi, Indomaret juga mengadakan promosi, cara ini dilakukan agar para konsumen tidak beralih ke Alfamart.

Sebenarnya Indomaret dan Alfamart mengadakan promosi dan bersaing dari segi harga yang lebih di untungkan adalah konsumen. Seorang konsumen terkadang hanya mempertimbangkan dari segi harga, namun ada juga konsumen yang melihat kenyamanan pada saat ia berbelanja. Indomaret dan Alfamart selalu bersaing dengan promosi yang di adakan dalam berkala melalui brosur, spanduk, dan lain sebagainya. Beberapa konsumen yang menggunaka jasa kedua penyedia kebutuhan itu terkadang melihat selisih harga yang ditawarkan, dikarnakan menurut mereka walaupun berbeda sedikit tetap saja mereka merasa diuntungkan, apalagi jika sedang ada promo.

Penataan keduanya tak jauh berbeda, hanya saya Alfamart rak untuk tempat kebutuhannya berukuran lebih tinggi di bandingkan di Indomaret yang ukuran raknya lebih pendek. Dari ukuran rak  menandakan bahwa jumlah kebutuhan yang disediakan oleh Indomaret lebih sedikit, walaupun begitu indomaret tetap menjadi primadona konsumen dikarenakan harga yang ditawarkan masih berselisih dengan Alfamart. Terkadang Alfamart cendrung memberikan harga yang berbeda dengan yang tertera di rak, hal itu yang menyebabkan konsumen agak kurang pas berbelanja di Alfamart.

Komentar

Postingan Populer